Monday, October 05, 2009

Akhiri Menunda Dan Mulailah Wujudkan Mimpi...

Buat sebagian orang, menunda adalah cara hidup. Sulit menunjukkan dengan tepat mengapa orang menunda, tapi tidak ada keraguan lagi akan bencana yang diakibatkan olehnya terhadap goal dan mimpi-mimpi kita. Ketika orang menunda, mereka menanggalkan sesuatu yang benar-benar berharga/bermanfaat bagi mereka, tapi dengan alasan tertentu mereka mencurahkan lebih banyak energi dengan menanggalkannya, daripada energi yang mereka butuhkan untuk mewujudkan mimpinya. Ini bukan hanya kebiasaan buruk, tapi juga kebiasaan yang tidak mudah untuk ditinggalkan, dan juga satu dari sekian banyak alasan utama mengapa banyak orang tak pernah mencapai mimpi mereka.


Menunda adalah cara mudah untuk menangguhkan tujuan dan mimpi ke waktu yang akan datang. Mungkin ada tujuan atau mimpi yang anda inginkan untuk terlaksana, namun ada sesuatu membuat anda berat. Mungkin anda melabuhkan sebuah ketakutan di bawah sadar akan kegagalan atau takut berubah yang bahkan bisa saja lebih kuat daripada hasrat anda untuk sukses. Akan tetapi, jika anda ingin sukses dan anda inginkan itu tidak terlalu buruk, anda musti menghadapi ketakutan dan membuat keputusan memulai, entah itu segera atau dalam waktu tertentu, dan mulai melakukan apa yang telah anda tinggalkan selama ini.

Cara tercepat untuk memulai adalah mengikuti langkah-langkah ini:

  • Buatlah daftar hal-hal yang butuh anda lakukan tetapi sudah ditinggalkan. Anda mungkin sudah punya daftar ‘to do’ yang sudah tertulis.
  • Cari tempat tenang dimana anda tidak akan terganggu untuk sekitar 20 menit. Teliti kembali setiap item pada daftar anda dan catat alasan anda atau beri maaf diri sendiri untuk tidak melakukan item tersebut. Daftarlah alasan yang masuk akal sebagaimana juga alasan yang asal-asalan/bodoh. Jangan kuatir soal bagaimana hal itu akan teratasi, tulis saja. Jujurlah.
  • Teliti daftar anda dan tulislah apapun keuntungan yang mungkin anda nikmati sebagai hasil langsung dari penundaan anda. Pandanglah secara mendalam, anda seyogyanya menerima beberapa bentuk keuntungan dari penundaan itu, atau mungkin juga anda tidak mau menerimanya.
  • Sekarang tanyakan valid tidaknya keuntungan yang anda sebut. Benarkah sebesar itu?
  • Buat sebuah rencana yang anda bisa dan bakal lekat dengannya dan tak akan anda tinggalkan lagi. Ini waktunya membuat daftar ‘to-do’ yang benar-benar akan anda lakukan. Buat daftar item-item yang akan anda lakukan untuk mewujudkan mimpi anda, kemudian buatlah prioritas sesuai urutan bagiamana anda akan melakukannya.
  • Berikan setiap task perkiraan tanggal/waktu penyelesaiannya. Waktu bisa fleksibel atau mengalir sesuai perubahan situasi, anda butuh merubahnya menjadi lebih dekat atau jauh.

Menunda dapat menghancurkan rencana anda mewujudkan mimpi. Begitu anda beraksi untuk berhenti menunda, pahamilah bahwa anda butuh disiplin dan tetap disiplin. Jika anda memutar kemudi dan meninggalkan jejak ban di aspal menunda task anda, mungkin ini waktunya untuk meletakkan hidung anda di batu gerinda dan membuat perubahan serius dalam hidup anda. Satu-staunya jalan untuk membuat mimpi anda jadi nyata adalah TAKE ACTION, jadi The only way to make your dreams come true is to take action, jadi BERAKSILAH!

Author Resource:- Kevin Sinclair is the publisher and editor of My-Personal-Growth.com, a site that provides information and articles for self improvement and personal growth and development.

3 comments:

Mobile App Developers said...

What you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I'm sure you'll reach so many people with what you've got to say.

App Developers said...

awesome paintings.just desired to drop a comment and say i am new to your weblog and certainly like what i'm studying.thanks for the sharing

Digital Marketing Agency Delhi said...

I don’t know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

Post a Comment