Thursday, May 21, 2009

3 Kunci Menentukan Tujuan

Goal setting/menentukan tujuan terdengar mudah. Tetapi cara kita menentukan tujuan bisa membuat perbedaan besar apakah kita bisa mencapainya atau tidak.Ini dia 3 KUNCI dalam menentukan tujuan:

TENTUKAN SATU TUJUAN UNTUK SUATU WAKTU
Kita bisa punya lebih dari satu tujuan pada waktu yang sama, tetapi mulailah satu saja pada satu waktu. Berikan tenggang 30 hari sebelum kita memulai mengerjakan aktivitas untuk tujuan berikutnya.
Mengapa? Jika kita serius ingin mencapai suatu tujuan, kita butuh memastikan bahwa setiap tujuan direncanakan dengan detil/rinci, menggunakan formula SMART, dan diarahkan pada arah yang benar sebelum mengalihkan perhatian kita pada hal lain. Setelah 30 hari dalam perhatian yang fokus, bekerja dalam rangka menggapai tujuan kita mestinya sudah menjadi rutinitas harian kita.

PECAHKAN/URAIKAN TUJUAN MENJADI TUJUAN KECIL (MINI-GOAL)
Salah satu hal yang menjadi masalah kunci dalam mencapai tujuan datang ketika kita menentukan target yang sebenarnya dalam pertimbangan kita tidak mungkin tercapai. One of the key problems in achieving goals comes when you set targets that are beyond what you really consider to be possible. Contohnya, memikirkan punya sebuah situs web sendiri adalah sebuah hal menakutkan. Tetapi ide mini-goal berupa membuat satu halaman web akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Dengan kata lain ketika menentukan tujuan, pecahlah juga tujuan itu menjadi tujuan-tujuan kecil yang lebih mudah dilakukan, kemudian fokuslah pada salah satu tujuan kecil, kemudian ketika tujuan kecil itu tercapai, fokuslah pada satu tujuan kecil yang lain.

PECAHKAN/URAIKAN MINI-GOAL MENJADI AKTIVITAS-AKTIVITAS BERBATAS (TASK)
Bahkan dengan sebuah mini-goal kita belum menentukan apa yang butuh dilakukan hari ini. Maka kita butuh menguraikan mini-goal kita menjadi sebuah daftar task-task tunggal. Sebagai contoh, satu dari task kita hari ini adalah melakukan riset website. Setiap selesai dengan satu task, cross-checkkan dengan daftar task dan berilah selamat pada diri kita sendiri. Baca lebih detil di sini How To Set And Achieve A Goal

MENGAPA INI BERGUNA?

Pertama, kita hanya akan berhasil mencapai tujuan jika kita melakukan AKSI. Ketika menentukan tujuan, menguraikan tujuan menjadi tujuan kecil/mini-goal kemudian menjadi task menyediakan bagi kita daftar AKSI yang bisa/harus kita ambil SEKARANG..

KEDUA, task-task itu membuat kita merasakan ‘feeling of control’, rasa dikontrol, diawasi. Kita tahu jika kita menyelesaikan setiap task kita punya kesempatan besar meraih tujuan yang kita tentukan.

KETIGA, kita bisa ‘feel good’ tiap hari saat kita menandai task hari itu telah terlaksana dan bergerak maju mendekati tujuan kita. Pastikan TULIS semua task kecil sehingga kita bisa enjoy menyilang/menandainya.

So, bagaimana kita menentukan tujuan adalah bagian VITAL dalam menggapai tujuan kita.

Sumber: http://www.make-your-goals-happen.com/setting-goals.html



3 comments:

Mobile App Developers said...

I really appreciate your professional approach. These are pieces of very useful information that will be of great use for me in future.

App Developers said...

This is an exceptionally smart written article. i will make sure to bookmark it and go back to study extra of your useful records. thanks for the publish. i can honestly go back.

Digital Marketing Agency Delhi said...

Hey keep posting such good and meaningful articles.

Post a Comment