Sunday, October 11, 2009

Smart Goal Setting

Menentukan tujuan – goal setting – tak akan lengkap tanpa formula SMART. Ane yakin sudah banyak orang tahu soal hal ini, tapi tingkat penerapannya gak tahu deh… So, buat catatan pribadi ane, tak tuliskan ini formula buat bekal ane menentukan goal-goal ke depan, melengkapi acuan-acuan goal setting lain yang udah tak ambil dari berbagai referensi di ini blog. Ok, langsung aja…


SMART » S = Specific; M = Measurable; A = Attainable; R = Realistic; T = Timely

SPECIFIC

Goal kita harus menunjukkan apa yang kita inginkan kita capai atau apa yang kita inginkan untuk terjadi. Goal yang spesifik lebih mudah dicapai daripada goal yang umum. Lebih jelasnya, 6 W bisa membantu kita mendapatkan goal yang spesifik. Who: Siapa aja yang terlibat? What: Apa yang ingin ane capai? Where: tentukan lokasinya. When: Batasan waktunya? Which:Kondisi/syarat yang ane inginkan Why: Alasan, tujuan atau keuntungan yang jelas dari pencapaian goal. Tambahin H: How, bagaimana ane bisa capai ini goal?

Kalo menurut ane tidak semua 6W+1H itu musti dipenuhi buat suatu goal, tergantung goal itu sendiri butuh unsur yang mana. Pastikan goal kita specific, clear dan juga easy, maksudnya mudah dipahami. “Kaya” adalah umum, “pendapatan 5 juta per bulan” lebih spesifik. “Pingin lebih sehat” > nggak jelas, akan lebih mudah dicapai ketika goalnya misal “mengurangi lingkar pinggang 3cm”.


MEASURABLE


Terukur. Musti dapet kriteria jelas ukuran yang digunakan buat tahu progress pencapaian goal. Tentukan goal yang dengannya jadi jelas ada perubahan terjadi. Seperti contoh tadi, kaya susah diukur, tapi 5 juta perbulan akan membuat kita tahu di posisi mana kita sekarang dibanding goal 5 juta kita. Jadi hafidh? Lebih mudah kalau diubah jadi hafal 5 juz misalnya, jadi kita tahu dimana kita sekarang kalo baru hafal juz ‘amma. Enakan ubah goalnya jadi “Hafal juz 29 pada tanggal 1 Muharram 1431H” :D


ATTAINABLE, ACHIEVABLE


Pastikan goal membuat kita jadi jelas jalan yang kita lalui untuk mencapainya. Membuat kita membangun kemampuan, sikap, keterampilan dan kapasitas finansial buat mencapai goal itu. Membuat kita melihat kembali peluang-peluang untuk menjadikan kita semakin dekat pada tujuan. Goal yang terlalu jauh dari jangkauan membuat kita tidak berkomitmen untuk mencapainya. Goal musti ditentukan dalam kondisi membuat kita merasa bahwa kita mampu mencapainya, juga butuh komitmen. 5 juta per bulan mungkin terlalu jauh buat sebagian orang, tapi dengan menentukan tambahan 100 ribu per bulan, setelah tercapai kemudian 100ribu lagi tambahan akan membuat goal kita terasa ‘achievable’, bisa dicapai selalu. Rasa sukses ini akan menjaga kita termotivasi selalu.


REALISTIC



Ini bukan persamaan kata dari “mudah”. Realistis disini berarti ‘bisa dilakukan’. Jadi pastikan goal yang kita tentukan dalam set kita ‘mau’ dan ‘mampu’ mencapainya. Goal tinggi bisa jadi mendorong kita menambah ketrampilan dan pengetahuan, tapi tidak boleh sampai ‘merusak’ diri kita. Tentukan goal pada posisi bisa kita raih dengan sebuah usaha. Goal terlalu tinggi berarti anda siap gagal, goal terlalu rendah akan membuktikan anda tidak begitu capable. Jadi tentukan garis yang cukup tinggi untuk mendapatkan sebuah sensasi ‘berhasil’ ketika goal itu tercapai.

TIMELY


Tentukan sebuah target waktu tercapainya goal kita. Ini akan membuat kita mendapatkan rasa urgen dalam melakukan usaha menuju goal tersebut. Tanpanya, kita akan terus mengulur waktu karena kita merasa toh bisa memulai kapan saja. ‘Suatu hari’ adalah contoh target waktu yang tidak jelas. Rubahlah menjadi ‘1 Desember 2010’, 30 Syawwal 1431H dll. Time must be measurable, attainable and realistic, kata Arina Nikitina.


T juga berarti Tangible, nyata – sebuah goal dikatakan tangible bila kita bisa merasakan pengalaman akan goal itu lewat salah satu indera kita, entah itu rasa, bau, sentuhan, pandangan ataupun pendengaran. Ketika goal kita adalah sesuatu yang tangible, kita akan dapatkan kesempatan lebih bagus untuk membuat lebih spesifik dan terukur, sehingga otomatis goal itu menjadi attainable, bisa kita raih!!


SEMUA ORANG BAKAL MENDAPATKAN KEUNTUNGAN DARI GOAL MEREKA JIKA MEREKA SMART. SMART ADALAH INSTRUMEN YANG WAJIB DIPAKAI UNTUK MENENTUKAN GOAL KITA


Sumber dari sini dan sini

4 comments:

Anonymous said...

Are you searching for an online business to start in your own home?
Get Started Absolutely FREE...NOW! Just access the below internet link and fill out the quick registration form.
Get your share of the E-commerce revolution. ==> www.goo.gl/2qg4X

Dieqy Dzulqaidar said...

keren nih, motivasi! jangan lupa kunjungi blog gue ya :)

App Developers said...

Very high-quality publish. I genuinely stumbled upon your weblog and wanted to say that i have truly enjoyed surfing your weblog posts. after all I’ll be subscribing to your feed and i'm hoping you write once more very soon!

Digital Marketing Agency Delhi said...

Nice post, things explained in details. Thank You.

Post a Comment